Monday, July 2, 2012

Tokoh-Tokoh : Ahli Kimia Dunia


CLEMENS ALEXANDER WINKLER
               
Clemens Alexander Winkler (26 Desember 1838 - 8 Oktober 1904) adalah seorang kimiawan Jerman yang menemukan unsur germanium pada tahun 1886, memperkuat teori Dmitri Mendeleev dari periodisitas.
Winkler lahir pada 1838 di Freiberg, Saxony Kerajaan putra seorang ahli kimia yang pernah belajar di bawah Berzelius. Awal pendidikan Winkler adalah di sekolah-sekolah di Freiberg, Dresden, dan Chemnitz. Pada tahun 1857 ia memasuki Universitas Freiberg Pertambangan dan Teknologi, di mana pengetahuan tentang kimia analitik melampaui apa yang dia sedang mengajar di sana. Enam belas tahun kemudian, Winkler diangkat seorang profesor kimia dan teknologi kimia analitik di universitas.
            Winkler terpilih sebagai anggota dari Royal Swedish Academy of Sciences pada 1892. Pada tahun 1893, Winkler pindah ke Hamburg dimana ia menikahi kekasihnya masa Tanja Braun.
Pada tahun 1902, Winkler mengundurkan diri jabatan profesor. Ia meninggal di Dresden dua tahun kemudian karsinoma pada usia 66.   Menurut Brunck, Winkler menulis puisi, dan menurut McCay, bakat Winkler diperpanjang untuk bermain beberapa alat musik.
 Pada tahun 1886, Winkler diberikan dengan mineral baru dari tambang Himmelsfürst dekat Freiberg. Mineral, yang disebut argyrodite, ditemukan oleh ahli kimia mengandung perak dan belerang. Ketika Winkler kemudian dianalisis mineral, ia menemukan bahwa komponen individu hanya ditambahkan sampai sekitar 93-94% dari massa total, memimpin dia untuk mencurigai bahwa elemen baru dan sebelumnya-tidak diketahui harus hadir. Setelah langkah pemurnian kimia tambahan selama beberapa bulan, Winkler mengisolasi elemen murni, germanium, pada tanggal 6 Februari 1886 dan mempublikasikan hasil. argyrodite mineral yang adalah mulai Winkler menuju menemukan germanium sekarang dikenal menjadi sulfida ganda dengan formula GeS2.
Untuk menempatkan germanium ke dalam tabel periodik, Mendeleev menyarankan bahwa mungkin ekacadmium, elemen ia telah diprediksi sebelumnya. Sebaliknya, Lothar Meyer lebih menyukai identifikasi germanium dengan ekasilicon, elemen prediksi yang berbeda. Winkler lebih terisolasi dari bahan murni, dan akhirnya diperoleh cukup untuk mengukur beberapa sifat fisik dan kimia. Hasil-Nya menunjukkan dengan tegas bahwa interpretasi Meyer adalah satu benar dan bahwa hampir semua sifat elemen baru cocok prediksi Mendeleev. Pertandingan erat antara apa yang telah diprediksi untuk ekasilicon dan apa yang ditemukan untuk germanium adalah bukti yang jelas untuk utilitas dan kekuatan tabel periodik dan konsep periodisitas .























ALFRED NOBEL
Alfred Nobel dilahirkan di Stockholm tanggal 21 Oktober 1833 dari pasangan Immanuel Nobel dan Andriette Ahlsell. Sang ayah adalah seorang insinyur dan pebisnis dalam bidang konstruksi yang juga suka melakukan eksperimen, terutama dalam hal penghancuran bangunan dan batu yang sangat berkaitan dengan profesinya. Kelak, jalur bisnis inilah yang mendorong Alfred Nobel untuk menemukan dinamit sebagai bahan peledak.
Ketika Alfred lahir, bisnis Immanuel mengalami keterpurukan. Hal ini mendorongnya untuk pindah ke negara lain, yaitu Finlandia dan Rusia. Keluarganya pun ditinggal di Stockholm. Meskipun berasal dari keluarga yang kaya-raya, Andriette memiliki keuletan dan kemampuan untuk bekerja keras yang mengagumkan. Guna menyambung hidup keluarganya, dia membuka toko grosir di Stockholm dan menuai harta yang tidak sedikit.
Tahun 1842 keluarga Immanuel Nobel berkumpul kembali di Rusia. Bisnis Immanuel yang baru, yaitu bidang mesin sedang naik daun dan sukses karena adanya kontrak dengan militer Rusia sebagai penyedia peralatan-peralatan yang digunakan dalam Perang Krim melawan Inggris. Perusahaannya juga membuat ranjau darat dan laut yang diperlukan untuk pemerintah Rusia.
Keluarga Nobel menetap di Saint Petersburg dan hidup sederhana walaupun sebenarnya dapat berkecimpung dalam kemewahan. Immanuel menginvestasikan kekayaannya pada pendidikan anak-anaknya. Alfred dan semua saudaranya tidak menjalani pendidikan formal di sekolah. Mereka menjalani pendidikan privat di dalam rumah di bawah didikan guru-guru yang berkompeten di bidangnya masing-masing.
Hasil didikan semacam itu sangat tampak dalam diri Alfred. Di bawah bimbingan gurunya yang berkebangsaan Swedia, Lars Santesson, dia akhirnya memiliki minat yang sangat mendalam dalam bidang sastra dan filsafat. Ivan Peterov mengajari anak-anak Immanuel matematika, fisika, dan juga kimia. Semua anak Immanuel fasih berbahasa Swedia, Rusia, Rusia, Prancis, Inggris, dan Jerman. Alfred sendiri menguasai bahasa tersebut pada usianya yang ke-17.
Walau basis pendidikan yang diterima sama, Alfred memilih jalur yang berbeda dengan saudara-saudaranya. Ludvig dan Robert berkecimpung dalam bidang teknik, sedangkan Alfred memilih untuk mendalami ilmu kimia. Profesor Nikolai N. Zinin, sang guru kimia, adalah orang yang memperkenalkan Alfred dan Immanuel akan nitrogliserin di kemudian hari.
Alfred Nobel muda sangat tertarik akan sastra, fisika, dan kimia. Dia juga tergolong pribadi yang melankolis karena sangat suka membuat puisi. Sepeninggalnya, dia tercatat memiliki perpustakaan pribadi yang terdiri dari 1.500 buku mulai dari bidang sains, filsafat, hingga teologi dan sejarah. Karya-karya Lord Byron, sastrawan dari Inggris, sangatlah dia gemari.
Filsafat turut mengisi masa mudanya. Hanya karena ingin menguji kemampuan berbahasanya (dan tentu saja intelektualnya pula), Alfred Nobel menerjemahkan karya Voltaire dari bahasa Prancis ke bahasa Swedia dan menulisnya ulang dalam bahasa Prancis. Pemikiran Locke, Alexander von Humboldt, dan Benedict Spinoza pun dilahapnya dengan mudah.
Rupanya, Immanuel tidak setuju dengan kegemaran Alfred. Dia berharap agar Alfred bergabung dalam perusahaan keluarganya, terutama sebagai insinyur. Upaya Immanuel untuk mengalihkan perhatian Alfred dari dunia sastra diwujudkan dengan mengirimkan Alfred ke luar negeri. Immanuel ingin agar anaknya yang pendiam dan sedikit introvert itu mendalami ilmu teknik kimia dan membuka wawasannya.
Alfred pun mulai melanglang buana sejak tahun 1850 hingga 1852. Negara pertama yang dikunjunginya adalah Amerika Serikat. Di sana dia mempelajari teknologi-teknologi terbaru. Pendidikannya pun berlanjut di Paris, Prancis. Profesor T.J. Pelouze menerimanya untuk bekerja di laboratorium pribadi miliknya atas rekomendasi yang diberikan oleh Profesor Zinin, bekas guru kimianya.
Zinin sendiri adalah murid dari Pelouze. Pelouze adalah profesor di Collge de France dan juga teman dekat Berzelius, ahli kimia berkebangsaan Swedia.
Apa yang terjadi di Paris ternyata berbuntut panjang pada bisnis Alfred Nobel nantinya. Kota itu pula yang membuat Alfred berkenalan dengan ahli kimia muda murid Pelouze yang berasal dari Italia, Ascanio Sobrero. Sobrero tiga tahun sebelumnya, pada 1847, menemukan bahan kimia cair yang dinamakan dengan pyroglicerine (kini dinamakan dengan nitrogliserin). Ia menjelaskan pada Alfred, bahan ini memiliki daya ledak yang tinggi, namun dia tidak mengetahui bagaimana cara mengendalikan ledakan yang dihasilkan.
Nitrogliserin dihasilkan dari pencampuran gliserin dengan asam nitrat dan sulfur atau proses nitrasi gliserol. Bahan ini sangatlah berbahaya karena mudah meledak. Meskipun daya hancur yang dimilikinya melebihi bubuk mesiu (gunpowder), tetapi cairan ini dapat dengan mudah meledak jika mengalami tekanan dan pertambahan temperatur. Alfred Nobel pun tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang nitrogliserin dan ingin melibatkan penggunaannya dalam bisnis konstruksi.
Pada tahun 1852 bisnis Immanuel Nobel mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring dengan makin parahnya Perang Krim. Pesanan Pemerintah Rusia akan peralatan perang bertambah. Immanuel pun menyuruh Alfred untuk pulang ke Rusia guna membantu bisnis keluarganya.
Berdasarkan pengetahuan yang diperoleh selama di Paris, Alfred dan ayahnya melakukan serangkaian percobaan untuk memproduksi nitrogliserin dalam jumlah besar dan dapat digunakan dalam keperluan komersial.
Ide akan penelitian tentang nitrogliserin datang pula dari Profesor Zinin yang mengadakan demonstrasi akan penggunaan nitrogliserin untuk keperluan militer. Pada demonstrasi itu, Zinin menuangkan beberapa tetes nitrogliserin yang kemudian dipukul menimbulkan ledakan keras. Meskipun demikian, ternyata cairan yang bereaksi hanyalah yang mengalami kontak dengan tekanan, sisanya tetap ada.
Immanuel pun mencoba melibatkannya dalam Perang Krim, namun semuanya gagal dan tidak berfungsi. Menurut Alfred di kemudian hari, eksperimen ayahnya yang dilakukan dengan mencampurkan nitrogliserin dengan bubuk mesiu hanya dilakukan dalam skala kecil.
Perang Krim pun akhirnya usai setelah ditandatanganinya Treaty of Paris pada 30 Maret 1856. Peristiwa ini mengakibatkan kebangkrutan kedua bagi Immanuel dan memaksanya meninggalkan Rusia dan kembali ke Swedia. Robert dan Ludvig menetap di Rusia dan mengembangkan bisnis mesin yang di kemudian hari akan mendirikan perusahaan minyak Rusia yang bernama Brothers Nobel atau Branobel.
Sekira tahun 1860, Alfred mengadakan serangkaian eksperimen pribadi. Akhirnya dia mulai berhasil memproduksi nitrogliserin tanpa ada permasalahan yang berarti. Keberhasilannya ini merupakan keunggulan pertamanya atas Sobrero.
Alfred kemudian mencampurkan nitrogliserin dengan bubuk mesiu dan membakarnya dengan bantuan sumbu. Sang ayah yang melakukan percobaan serupa cukup geram. Dia menganggap, hal itu merupakan idenya. Alfred pun menjelaskan apa saja yang dilakukannya, sehingga kemarahan Immanuel pun mereda. Hasil karya Alfred Nobel akan cairan yang disebut dengan blasting oil ini pun tertuang dalam paten pada Oktober 1863, di usianya yang ke-30.
Setelah itu, bayang-bayang kesuksesan Alferd Nobel mulai terlihat secara bertahap. Pada musim semi dan panas berikutnya, dia kembali penelitian dan akhirnya mengetahui mekanisme produksi nitrogliserin yang lebih sederhana dan mengenalkan penggunaan detonator dalam peledakan. Kedua penemuannya ini dipatenkan pula akhirnya.
Meskipun tergolong melankolis, Alfred Nobel bukanlah orang yang lambat pulih dari kesedihan. Pada September 1864, pabrik Alfred di Stockholm meledak dan memakan korban adiknya, Emil Nobel. Satu bulan berikutnya, dia menyertakan perusahaannya dalam pasar saham.
Sukses besar pun diraihnya. Pabriknya pun semakin bertebaran di penjuru dunia. Dia membeli sebidang tanah di Hamburg, Jerman, dan mendirikan pabriknya di sana. Pabriknya di Amerika Serikat dibangun pada 1866 setelah melawan berbagai hambatan birokrasi dan praktik bisnis yang serupa.
Keberhasilan demi keberhasilan tidak menyurutkan perhatian Alfred pada bidang yang sangat digemarinya, yakni meneliti. Dia akhirnya mengetahui, nitrogliserin haruslah dapat diserap oleh material yang berpori sehingga memiliki bentuk yang sifatnya portable, dapat dibawa ke mana saja, dan aman.
Saat menetap di Jerman, dia akhirnya menemukan materi tersebut. Materi ini dikenal dengan nama Kieselguhr, yang merupakan pasir pengabsorb berbahan dasar silika yang berasal dari cangkang ganggang diatomae. Kieselguhr membuat nitrogliserin memiliki bentuk, karena mampu mengabsorb bahan kimia cair itu. Dengan demikian, campuran ini dapat dengan mudah diletakkan di sasaran peledakan dan dibawa ke mana saja tanpa khawatir akan terjadinya ledakan.
Dari sinilah dinamit berasal. Dinamit sendiri berasal dari kata Yunani dynamis, yang memiliki arti tenaga atau daya. Tahun 1867 juga merupakan masa keemasan bagi Alfred Nobel karena paten dinamitnya memperoleh persetujuan di berbagai negara seperti Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat. Dinamit sendiri ditemukan pada saat mesin pengebor pneumatic dan intan digunakan untuk keperluan yang sama. Tidaklah mengherankan jika keterlibatan dinamit sangat mengurangi waktu, tenaga, dan biaya dalam projek-projek konstruksi.
Pada 1868 Alfred Nobel dan ayahnya memperoleh penghargaan Letterstedt Prize dari Royal Swedish Academy of Sciences. Penghargaan ini diberikan pada siapa saja yang menghasilkan penemuan yang berharga bagi umat manusia. Ide penghargaan Nobel berasal pula dari penghargaan yang diterima oleh Alfred Nobel di Swedia.
Kesibukan bisnis dan seringnya dia bepergian ke luar negeri hanya menyisakan waktu yang sedikit bagi kehidupan pribadinya. Pada usia ke-43 dia sangat merasa kesepian. Hal ini mendorongnya untuk mencari teman di rumah dan juga sekretaris pribadi dengan cara mengiklankan di surat kabar. Pendaftar pun berdatangan. Namun pilihan pun akhirnya jatuh pada Countess Bertha Kinsky, seorang wanita bangsawan Austria.
Perkenalannya dengan sang Countess tidak berlangsung lama karena Countess Bertha Kinsky harus menikah dengan Count Arthur von Suttner. Meskipun demikian, mereka tetap berhubungan lewat surat. Bertha von Suttner ternyata bukan wanita sembarangan. Dia tergolong seorang pemikir dan aktivis perdamaian dunia yang di kemudian hari menghasilkan sebuah buku berjudul ”Lay Down Your Arms”. Banyak pihak yang tidak meragukan pengaruh Bertha von Suttner dalam membentuk ide Alfred Nobel untuk memberikan hartanya dalam bentuk hadiah bagi pihak-pihak yang sangat mendukung perdamaian dunia. Bertha von Suttner sendiri menerima hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1905.
Kelebihan Alfred Nobel yang sangat menonjol adalah kemampuannya untuk menggabungkan gaya berpikirnya yang mendalam ala filsuf dan ilmuwan dengan pandangannya yang jauh ke depan dan dinamis yang kerap dimiliki oleh seorang industrialis. Dia juga tertarik dalam isu-isu sosial dan tidak jarang pula melontarkan pemikiran-pemikiran yang tergolong radikal untuk saat itu. Sastra dan penulisan puisi juga digelutinya.
Kekayaan yang melimpah dan tidak adanya keturunan membuat dia bingung hendak diberikan kepada siapa harta yang dimilikinya. Pada 27 November 1895 dia menuliskan wasiatnya di hadapan Swedish-Norwegian Club di Paris. Pada 1891 di pindah dari Paris menuju ke San Remo, Italia di mana dia meninggal akibat pendarahan otak pada 10 Desember 1896. Dia menghasilkan 355 paten selama hidupnya.***
















Walther Nernst Hermann
Walther Nernst Hermann (25 Juni 1864 - 18 November 1941) adalah seorang Jermanahli kimia fisik dan fisikawan yang dikenal karena teori di balik perhitungan afinitas kimiasebagaimana yang termaktub dalam hukum ketiga termodinamika , yang ia memenangkan 1920 Hadiah Nobel di bidang kimia . Nernst membantu mendirikan bidang modern kimia fisik dan berkontribusi elektrokimia , termodinamika , kimia solid state dan Fotokimia . Ia juga dikenal untuk mengembangkan persamaan Nernst .
Nernst lahir di Briesen di Prusia Barat (sekarang Wąbrzeźno , Polandia ) sebagai anak dari Gustav Nernst, yang adalah seorang hakim distrik. Nernst pergi ke sekolah dasar diGraudentz . Dia belajar fisika dan matematika di Universitas Zürich , Berlin , Graz danWuerzburg , di mana ia lulus pada tahun 1887.
Setelah beberapa bekerja di Leipzig , ia mendirikan Institut Kimia Fisika dan Elektrokimia di Göttingen . Nernst ditemukan , pada 1897 sebuah lampu listrik , menggunakan batang keramik pijar. Penemuan, yang dikenal sebagai lampu Nernst , adalah penerus lampu karbon dan prekursor dengan lampu pijar . Nernst diteliti tekanan osmotik dan elektrokimia . Pada tahun 1905, ia mendirikan apa yang disebut sebagai "Teorema Panas Baru" nya, kemudian dikenal sebagai hukum ketiga termodinamika(yang menggambarkan perilaku materi sebagai suhu mendekati nol mutlak ). Ini adalah pekerjaan yang dia adalah yang terbaik diingat, karena memberikan cara untuk menentukan energi bebas (dan karena itu titik ekuilibrium) dari reaksi kimia dari pengukuran panas. Theodore Richards mengklaim Nernst telah mencuri ide dari dia, tapi Nernst hampir universal dikreditkan dengan penemuan.
Pada tahun 1911, dengan Max Planck , ia adalah penyelenggara utama yang pertamaKonferensi Solvay di Brussels.
Pada tahun 1920, ia menerima Hadiah Nobel dalam bidang kimia sebagai pengakuan atas karyanya dalam termokimia . Pada tahun 1924, ia menjadi direktur Institut Fisika Kimia di Berlin, posisi dari mana ia pensiun pada tahun 1933. Nernst melanjutkan untuk bekerja di electroacoustics dan astrofisika .
Nernst mengembangkan piano listrik , yang "Neo-Bechstein-Flügel" pada tahun 1930 berkaitan dengan Bechstein dan Siemens perusahaan, menggantikan papan terdengardengan amplifier radio . Piano digunakan elektromagnetik pickup untuk menghasilkan suara elektronik dimodifikasi dan diperkuat dengan cara yang sama sebagai gitar listrik .
Perangkat Nya, radiator solid-body dengan filamen langka-bumi oksida, yang kemudian akan dikenal sebagai menatap marah Nernst , adalah penting dalam bidangspektroskopi inframerah . Terus menerus pemanasan ohmik filamen hasil dalam konduksi. Memandang dgn marah beroperasi terbaik dalam panjang gelombang dari dua sampai 14 mikrometer.
Nernst menikah pada 1892 dengan Emma Lohmeyer dengan siapa ia memiliki dua putra dan tiga putri. Dia adalah seorang kritikus vokal Adolf Hitler dan Nazisme , dan dua anak perempuan menikah dengan Yahudi laki-laki. Pada tahun 1933, bangkitnya Nazisme menyebabkan akhir karir Nernst sebagai seorang ilmuwan. Nernst meninggal pada tahun 1941 dan dimakamkan di dekat Max Planck diGöttingen , Jerman.













Julius Lothar Meyer

Julius Lothar Meyer
Julius Lothar Meyer
Lahir
19 Agustus 1830 Varel
Meninggal
April 11, 1895 Tübingen
Fields
Lembaga
Dikenal
Pengaruh
Julius Lothar Meyer (19 Agustus 1830 - April 11, 1895) adalah seorang JermanChemist . Saya kontemporer dan Pesaing dari Dmitri Mendeleev untuk menyusun pertama tabel periodik dari unsur kimia . Beberapa lima tahun terpisah, baik Mendeleev dan Meyer bekerja dengan Robert Bunsen .
Saya lahir di Varel , pada waktu itu milik Kadipaten Oldenburg , sekarang bagian dariJerman , Anak Friedrich August Meyer, seorang dokter, dan Anna Biermann. Setelah sekolah tinggi (Altes Gymnasium Oldenburg lalu) saya pertama kali pergi untuk belajar kedokteran di Universitas Zurich pada tahun 1851, dan kemudian, dua tahun kemudian, di Universitas Würzburg , di mana saya telah Rudolf Virchow sebagai guru di Patologi. Pengaruh Ludwig CFW , di bawah yang aku belajar di Zurich, dia memutuskan untuk mencurahkan perhatian untuk kimia fisiologis sejarah, dan saya pergi KARENANYA, setelah lulus HIS (1854), ke Heidelberg , di mana R. Bunsen memegang kursi kimia. Ada Aku sangat dipengaruhi oleh GR Kirchhoff mengajar 's matematika Bahwa saya mengambil studi fisika matematika di Königsberg bawah FE Neumann . Pada tahun 1859 saya menjadi pribadi-guru dalam fisika dan kimia di Breslau . Pada tahun sebelumnya, saya telah lulus sebagai Ph.D. dengan tesis tentang aksi karbon monoksida pada darah . [ 1 ]Pada 1866 saya menerima posting di Sekolah Kehutanan di Neustadt-Eberswalde, tetapi segera pindah ke Carlsruhe Politeknik . [ 2 ] Ia menikah Johanna Volkmann pada 16 Agustus 1866. 
Meyer yang terbaik dikenal untuk berbagi saya dalam klasifikasi periodik unsur-unsur. Dia mencatat, seperti yang dilakukan Newlands JARdi Inggris, bahwa jika mereka diatur dalam urutan berat atom mereka mereka jatuh ke dalam kelompok di mana sifat-sifat kimia yang mirip dan fisik yang berulang pada interval periodik, dan khususnya, Bahwa jika saya menunjukkan bobot atom diplot sebagai koordinat dan volume atom sebagai abscissae, kurva serangkaian hadir Memperoleh maxima dan minima, unsur yang paling elektro-positif muncul pada puncak kurva dalam urutan berat atom mereka. 
Bukunya tentang Teori modern Die Chemie der , yang pertama kali diterbitkan di Breslau pada tahun 1864,  memiliki versi awal dari tabel periodik yang berisi 28 item diklasifikasikan ke dalam enam keluarga dengan mereka valensi - pertama kalinya Itu barang telah dikelompokkan dan memerintahkan mereka sesuai dengan valensi. Bekerja pada pengorganisasian unsur-unsur dengan berat atom sampai sekarang telah terhalang oleh pengukuran akurat dari berat atom.
Diterbitkan sejarah tabel periodik Mendeleev dari semua unsur yang dikenal (dan Prediksi beberapa elemen baru untuk melengkapi meja, ditambah beberapa bobot atom dikoreksi) pada tahun 1869. Bekerja benar-benar independen, beberapa bulan kemudian, Meyer menerbitkan versi revisi dan diperluas dari 1864 tabel HIS, hampir identik dengan itu yang diterbitkan oleh Mendeleev (Meyer telah menjadi salinan dari tabel Mendeleev sebelumnya, Mendeleev merasa ke semua Chemist terkenal thoose kali) dan peran grafis yang menunjukkan periodisitas dari unsur-unsur sebagai fungsi dari berat atom. Serta Chemist lainnya, Meyer Diragukan tentang hukum periodik Mendeleev, dan saya mengkritik Mendeleev untuk 'mengubah elemen yang ada' berat atom, hanya tentang kemungkinan hukum periodik dalam struktur ', tetapi bekerja Meyer memberikan dukungan yang signifikan, terutama ketika item baru ditemukan sebagai Prediksi dan berat atom diukur kembali diberikan dengan Mereka Prediksi.
Pada tahun 1882, Meyer diterima dari Royal Society , pada saat yang sama Mendeleev, yang Medali Davy sebagai pengakuan atas karya sejarah tentang Hukum periodik.
Kontribusi Meyer juga termasuk konsep Bahwa karbon atom dalam benzena diatur dalam sebuah cincin, meskipun ia tidak mengusulkan pergantian ikatan tunggal dan ganda itu kemudian menjadi termasuk dalam struktur dengan Agustus Kekulé .
Selama kampanye Franco-Jerman , Politeknik digunakan sebagai rumah sakit, dan saya mengambil bagian aktif dalam Perawatan Luka.Pada tahun 1876, Meyer menjadi Profesor pertama Kimia di Universitas Tübingen , di mana saya melayani di sana sampai kematian-Nya.
















Dmitri Mendeleev
Ia  (juga diromanisasi Mendeleyev atau Mendeleef; RusiaДмитрий Иванович Менделеев  mendengarkan ( bantuan · Info )) (8 Februari [ OS 27 Januari] 1834-2 Februari [ OS 20 Januari] 1907), adalah seorang Rusia kimia dan penemu .Dia dikreditkan sebagai pencipta versi pertama dari tabel periodik dari unsur .Menggunakan meja, ia memperkirakan sifat-sifat unsur belum ditemukan.
Mendeleev dilahirkan di desa Aremzyani Verhnie, dekat Tobolsk , Ivan Pavlovich Mendeleev dan Maria Dmitrievna Mendeleeva ( née Kornilieva). Kakeknya adalah Pavel Maximovich Sokolov, seorang imam dari Gereja Ortodoks Rusia dari Tver daerah. [1]Ivan, bersama dengan saudara-saudaranya, diperoleh nama-nama keluarga baru saat menghadiri seminari teologi.
Mendeleev dianggap bungsu dari baik saudara kandung 11, 13, 14 atau 17;  jumlah pasti berbeda antara sumber.  Pada usia 13, setelah melewati ayahnya dan penghancuran pabrik ibunya oleh api, Mendeleev menghadiri Lapangan Tenis di Tobolsk.
Pada 1849, keluarga miskin Mendeleev sekarang pindah ke Saint Petersburg , di mana ia masuk Institut Pedagogical Utama pada tahun 1850. Setelah lulus, TBCmenyebabkan dia pindah ke Semenanjung Krimea di pantai utara Laut Hitam pada tahun 1855. Sementara di sana ia menjadi menguasai ilmu pengetahuan dari gimnasium Simferopol 1 . Ia kembali dengan kesehatan penuh dikembalikan ke Saint Petersburg pada tahun 1857.
Antara 1859 dan 1861, ia bekerja pada kapilaritas cairan dan kerja dari spektroskop di Heidelberg . Pada akhir Agustus 1861 ia menulis buku pertamanya di spektroskop. Pada tanggal 4 April 1862 ia telah bertunangan dengan Feozva Nikitichna Leshcheva, dan mereka menikah pada 27 April 1862 di gereja Nikolaev Teknik College di Saint Petersburg.  Mendeleev menjadi profesor di Saint Petersburg Institut Teknologi danSaint Petersburg State University pada tahun 1864 dan 1865, masing-masing. Pada tahun 1865 ia menjadi Dokter of Science untuk disertasinya "Pada Kombinasi Air dengan Alkohol". Dia dicapai kepemilikan pada tahun 1867, dan pada tahun 1871 telah berubah Saint Petersburg menjadi pusat yang diakui secara internasional untuk penelitian kimia. Pada tahun 1876, ia menjadi terobsesi dengan Anna Ivanova Popova dan mulai merayunya, pada 1881 ia melamarnya dan mengancam bunuh diri jika ia menolak. Perceraiannya dengan Leshcheva diselesaikan satu bulan setelah ia menikah Popova (di 2 April [6] ) pada tahun 1882 awal. Bahkan setelah perceraian, Mendeleev teknis adalah orang yg beristri dua , sedangkan Gereja Ortodoks Rusia dibutuhkan setidaknya tujuh tahun sebelum kembali pernikahan yang sah. Perceraian dan sekitarnya kontroversi kontribusi kepada kegagalan untuk diakui ke Rusia Academy of Sciences (meskipun ketenaran internasional pada saat itu). Putrinya dari pernikahan keduanya, Lyubov, menjadi istri dari penyair terkenal Rusia Alexander Blok . Anak-anak lain anak-Nya Vladimir (seorang pelaut, ia mengambil bagian dalam penting perjalanan Nicholas II Timur ) dan putri Olga, dari perkawinan pertamanya ke Feozva, dan putra Ivan dan sepasang kembar dari Anna.
Meskipun secara luas dihormati Mendeleev oleh organisasi ilmiah di seluruh Eropa, termasuk Copley Medal dari Royal Society of London, ia mengundurkan diri dari Universitas Saint Petersburg pada tanggal 17 Agustus 1890.
Pada tahun 1893, ia ditunjuk Direktur Biro Berat dan Ukuran. Ini adalah dalam peran bahwa dia diarahkan untuk merumuskan standar negara baru untuk produksi vodka . Sebagai hasil dari karyanya, pada tahun 1894 standar baru untuk vodka diperkenalkan ke dalam hukum Rusia dan vodka semua harus diproduksi di alkohol 40% volume.
Mendeleev juga meneliti komposisi ladang minyak, dan membantu menemukan pertama kilang minyak di Rusia.
Pada tahun 1905, Mendeleev terpilih menjadi anggota Royal Swedish Academy of Sciences . Tahun berikutnya Komite Nobel untuk Kimiadianjurkan untuk Akademi Swedia penghargaan Hadiah Nobel dalam Kimia untuk tahun 1906 untuk Mendeleev untuk penemuan sistem periodik. Bagian Kimia dari Akademi Swedia mendukung rekomendasi ini. Akademi ini kemudian seharusnya untuk menyetujui pilihan Komite seperti yang telah dilakukan di hampir setiap kasus. Tanpa diduga, pada pertemuan penuh dari Akademi, anggota setuju Komite Nobel, Peter Klason , mengusulkan pencalonan Henri Moissan yang ia disukai. Svante Arrhenius , meskipun bukan anggota Komite Nobel untuk Kimia, memiliki banyak pengaruh di Academy dan juga mendesak untuk penolakan Mendeleev, dengan alasan bahwa sistem periodik sudah terlalu tua untuk mengakui penemuannya pada tahun 1906. Menurut sezaman, Arrhenius dimotivasi oleh dendam dia diadakan terhadap Mendeleev untuk kritik tentang Arrhenius itu teori disosiasi . Setelah perdebatan sengit, mayoritas dari Akademi memilih Moissan.Upaya untuk mencalonkan Mendeleev pada tahun 1907 lagi-lagi frustrasi oleh oposisi mutlak Arrhenius.  pada  tahun 1907, Mendeleev meninggal pada usia 72 di Saint Petersburg dari influenza . Kawah Mendeleev pada Bulan , serta unsur nomor 101, radioaktif mendelevium , yang bernama setelah dia.
Patung untuk menghormati Mendeleev dan tabel periodik, yang terletak di Bratislava, Slowakia
Ilmuwan lain telah menyarankan pada 1860-an bahwa menampilkan elemen periodisitas. John Newlands menerbitkan nya Hukum Oktaf pada tahun 1865.Kurangnya ruang untuk elemen yang belum ditemukan dan menempatkan dua unsur dalam satu kotak dikritik dan ide-idenya tidak diterima. Lain adalah Lothar Meyer , yang menerbitkan sebuah makalah pada tahun 1864 menggambarkan 28 elemen. Tidak mencoba untuk memprediksi unsur-unsur baru. Pada tahun 1863 ada 56 unsur yang dikenal dengan elemen baru yang ditemukan pada tingkat sekitar satu per tahun.
Setelah menjadi guru, Mendeleev menulis dua volume buku definitif pada waktu itu: Prinsip Kimia (1868-1870). Saat ia berusaha untuk mengklasifikasikan unsur-unsur menurut mereka kimia properti, dia melihat pola yang dipimpin dia untuk mendalilkan nya tabel periodik . Mendeleev tidak menyadari pekerjaan lain pada tabel periodik terjadi di tahun 1860-an. Dia membuat tabel berikut, dan dengan menambahkan elemen tambahan berikut pola ini, mengembangkan versi besarnya dari tabel periodik. 
Cl 35,5
K 39
Ca 40
Br 80
85 rb
Sr 88
Saya 127
Cs 133
Ba 137


Pada tanggal 6 Maret 1869, Mendeleev membuat presentasi resmi kepada Rusia Chemical Society , berjudul The Ketergantungan antara Properties Bobot Atom dari Elemen, yang menggambarkan unsur-unsur baik menurut berat atom dan valensi . Presentasi ini menyatakan bahwa
1.    Para elemen , jika diatur sesuai dengan berat atom mereka, pameran periodisitas sifat jelas.
2.    Elemen yang mirip dalam hal sifat kimia mereka memiliki bobot atom yang baik dari hampir nilai yang sama (misalnya, Pt, Ir, Os) atau yang meningkatkan secara teratur (misalnya, K, Rb, Cs).
3.    Susunan unsur-unsur dalam kelompok elemen dalam urutan berat atom mereka sesuai dengan apa yang disebut valensi, serta, sampai batas tertentu, sifat kimia khas mereka, seperti terlihat di antara seri lainnya di Li, Jadilah , B, C, N, O, dan F.
4.    Unsur-unsur mana yang paling luas tersebar memiliki bobot atom kecil.
5.    Besarnya berat atom menentukan karakter dari elemen, seperti besarnya molekul menentukan karakter dari tubuh senyawa.
6.    Kita harus berharap penemuan banyak belum diketahui unsur-misalnya, dua elemen, analog dengan aluminium dan silikon , yang atom berat akan menjadi antara 65 dan 75.
7.    Berat atom suatu unsur kadang-kadang dapat diubah oleh pengetahuan dari orang-orang elemen bersebelahan nya. Jadi berat atom telurium harus terletak antara 123 dan 126, dan tidak dapat 128 Berikut Mendeleev tampaknya menjadi salah sebagai "massa atom" dari telurium (127,6) masih lebih tinggi dari. yodium (126,9) seperti yang ditampilkan pada tabel periodik yang modern , tapi ini karena cara massa atom dihitung, berdasarkan rata-rata tertimbang dari semua elemen isotop umum, bukan hanya proton satu-ke-satu / rasio neutron-versi elemen yang Mendeleev yang dimaksud.
8.    Sifat karakteristik tertentu dari elemen dapat diramalkan dari berat atom mereka.
Mendeleev mempublikasikan tabel periodik kepada semua elemen yang dikenal dan diperkirakan baru beberapa elemen untuk menyelesaikan tabel. Hanya beberapa bulan setelah, Meyer menerbitkan sebuah meja hampir identik. Beberapa menganggap Meyer dan Mendeleev co-pencipta dari tabel periodik, tetapi hampir semua orang setuju bahwa prediksi yang akurat Mendeleev tentang kualitas apa yang ia sebut ekasilicon, ekaaluminium dan ekaboron ( germanium , galium dan skandium , masing-masing) memenuhi syarat padanya untuk sebagian besar kredit untuk meja.
Untuk itu diperkirakan delapan elemen, ia menggunakan prefiks dari eka, dvi, dan tri ( Sansekerta satu, dua, tiga) dalam penamaan mereka.Mendeleev mempertanyakan beberapa berat atom diterima saat ini (mereka dapat diukur hanya dengan akurasi yang relatif rendah pada waktu itu), menunjukkan bahwa mereka tidak sesuai dengan yang disarankan oleh Hukum Periodik nya. Dia mencatat bahwa teluriummemiliki berat atom lebih tinggi dari yodium , tetapi ia menempatkannya dalam urutan yang benar, salah memprediksi bahwa berat atom diterima pada saat itu salah. Dia bingung tentang di mana untuk menempatkan dikenal lantanida , dan meramalkan keberadaan dari baris ke tabel yang merupakan aktinida yang beberapa terberat di massa atom. Beberapa orang dipecat Mendeleev untuk memprediksi bahwa akan ada lebih banyak unsur, tapi ia terbukti benar ketika Ga ( galium ) dan Ge ( germanium ) ditemukan pada tahun 1875 dan 1886 masing-masing, pas dengan sempurna ke dalam dua ruang yang hilang. 
Dengan memberikan nama bahasa Sansekerta untuk "hilang" nya unsur-unsur, Mendeleev menunjukkan apresiasi dan utang ke tata bahasa Sansekerta India kuno, yang telah menciptakan teori-teori canggih bahasa berdasarkan penemuan mereka dari dua dimensi pola suara dasar. Menurut Profesor Paul Kiparsky dari Stanford University, Mendeleev adalah teman dan kolega dari Sanskritist Böhtlingk , yang sedang mempersiapkan edisi kedua dari bukunya tentang Panini  pada saat itu, dan Mendeleev hendak menghormati Panini dengan nomenklatur-nya.  Memperhatikan bahwa ada kesamaan antara tabel periodik dan Siva dalam tata bahasa pengantar Sutra Panini, Prof Kiparsky mengatakan:
“ia analogi antara kedua sistem yang mencolok. Sama seperti Panini menemukan bahwa pola fonologis suara dalam bahasa adalah fungsi dari sifat artikulatori mereka, sehingga Mendeleev menemukan bahwa sifat-sifat kimia unsur adalah fungsi dari berat atom mereka. Seperti Panini, Mendeleev tiba di penemuan melalui pencarian untuk "tata bahasa" dari unsur-unsur …
Mendeleev membuat kontribusi penting lainnya untuk kimia. Ahli kimia Rusia dan ilmu sejarawan Lev Chugaev telah ditandai sebagai "seorang ahli kimia yang jenius, kelas fisika, seorang peneliti berbuah di bidang hidrodinamika, meteorologi, geologi, cabang tertentu dari teknologi kimia (bahan peledak, minyak bumi, dan bahan bakar, untuk contoh) dan disiplin lain yang berdekatan dengan kimia dan fisika, ahli menyeluruh industri kimia dan industri pada umumnya, dan pemikir orisinal di bidang ekonomi. " Mendeleev adalah salah satu pendiri, pada tahun 1869, Chemical Society Rusia. Dia bekerja pada teori dan praktek perdagangan proteksionis dan pertanian.
Dalam upaya pada konsepsi kimia dari Aether , ia mengemukakan suatu hipotesis bahwa terdapat dua lembam unsur-unsur kimia berat atom lebih rendah dari hidrogen . Dari dua unsur yang diusulkan, ia berpikir ringan untuk menjadi semua-menembus, semua-meresap gas, dan yang sedikit lebih berat untuk menjadi elemen yang diusulkan, coronium .
Mendeleev dikhususkan banyak belajar dan membuat kontribusi penting untuk penentuan sifat senyawa terbatas seperti solusi .
Di lain departemen kimia fisik , ia menyelidiki ekspansi cairan dengan panas, dan menemukan formula yang mirip dengan hukum Gay-Lussac dari keseragaman ekspansi gas, sementara di 1861 ia diantisipasi Thomas Andrews ' konsepsi temperatur kritis gas dengan mendefinisikan mutlak-titik didih zat sebagai suhu di mana kohesi dan panas penguapan menjadi sama dengan nol dan perubahan cair ke uap, terlepas dari tekanan dan volume.
Mendeleev diberikan kredit untuk pengenalan dari sistem metrik ke Kekaisaran Rusia .
Ia menemukan pyrocollodion , semacam bubuk tanpa asap berdasarkan nitroselulosa . Karya ini telah ditugaskan oleh Angkatan Laut Rusia, yang bagaimanapun tidak mengadopsi penggunaannya. Pada 1892 Mendeleev diatur pembuatannya.
Mendeleev belajar asal minyak bumi dan hidrokarbon abiogenic menyimpulkan dan membentuk jauh di dalam bumi - lihat asal minyak bumi Abiogenic . Dia menulis: "Fakta modal yang perlu diperhatikan adalah bahwa minyak bumi dilahirkan di kedalaman bumi, dan hanya ada kita harus mencari asal-usulnya." (Dmitri Mendeleev, 1877) [15]


Dmitri Mendeleev meramalkan elemen
Profesor Dmitri Mendeleev diterbitkan pertama Tabel Periodik Unsur Atom pada tahun 1869 berdasarkan sifat yang muncul dengan beberapa keteraturan saat ia ditata unsur-unsur dari ringan hingga berat. [1] Ketika yang diusulkan Mendeleev tabel periodik , ia mencatat kesenjangan dalam tabel, dan meramalkan bahwa sebagai-of-belum diketahui ada unsur-unsur dengan sifat yang tepat untuk mengisi kesenjangan tersebut.
Untuk memberikan nama sementara untuk unsur-unsur nya meramalkan, Mendeleev menggunakan eka prefiks -, dvi -, dan tri -, dari bahasa Sansekerta kata untuk satu, dua dan tiga, tergantung pada apakah elemen diperkirakan adalah satu, dua, atau tiga tempat bawah dari elemen dikenal di mejanya dengan sifat kimia yang mirip. Misalnya, germanium disebut ekasilicon sampai penemuannya pada tahun 1886, dan renium disebut dvi- mangan sebelum penemuan di tahun 1926.
Telah berspekulasi  bahwa kesamaan antara struktur tabel yang biasa digunakan untuk mempresentasikan Sansekertaabugida dan tabel periodik adalah apa yang menyebabkan Mendeleev memilih untuk menggunakan bahasa Sansekerta sebagai dasar dari prefiks.
Kadang-kadang eka-awalan digunakan untuk merujuk kepada beberapa unsur transuranic , misalnya eka-memimpin untuk ununquadiumdan eka-radon untuk ununoctium .
Saat ini, awalan eka-(dan, lebih jarang, dvi-) kadang-kadang digunakan dalam diskusi tentang unsur-unsur yang belum ditemukan, sepertiuntriennium , juga dikenal sebagai eka-dvi-aktinium atau lantanum.
Saat ini resmi IUPAC praktek adalah dengan menggunakan nama unsur sistematik berdasarkan nomor atom dari elemen sebagai nama sementara, bukannya berdasarkan posisinya dalam tabel periodik seperti ini memerlukan prefiks.
Keempat unsur yang lebih ringan diperkirakan dari unsur tanah jarang , ekaboron (Eb), ekaaluminium (Ea), ekamanganese (Em), danekasilicon (Es), terbukti menjadi prediktor yang baik dari sifat skandium , galium , teknesium dan germanium masing-masing, yang masing-masing mengisi tempat di tabel periodik ditetapkan oleh Mendeleev. Versi awal dari tabel periodik tidak memberikan unsur-unsur tanah jarang pengobatan sekarang diberikan kepada mereka, membantu untuk menjelaskan kedua mengapa prediksi Mendeleev untuk unsur yang tidak diketahui berat tidak berjalan serta mereka untuk prediksi ringan dan mengapa mereka tidak dikenal atau didokumentasikan.
Oksida skandium diisolasi pada akhir tahun 1879 oleh Lars Fredrick Nilson ; Per Teodor Cleve diakui korespondensi dan diberitahu Mendeleev di akhir tahun itu. Mendeleev telah memprediksi massa atom dari 44 untuk ekaboron pada tahun 1871, sementara skandium memiliki massa atom 44,955910.
Pada tahun 1871 Mendeleev meramalkan adanya elemen yang belum ditemukan ia bernama eka-aluminium (karena kedekatannya dengan aluminium dalam tabel periodik). Tabel di bawah ini membandingkan kualitas dari elemen diprediksi oleh Mendeleev dengan karakteristik aktual dari Gallium (ditemukan pada 1875).
Properti
Ekaaluminium
Gallium
atom massa
68
69.72
densitas (g / cm ³)
6.0
5.904
titik leleh (° C)
Rendah
29.78
oksida rumus
Ea 2 O 3 (kepadatan - 5,5 g cm -3)
(Larut dalam alkali dan asam baik)
Ga 2 O 3 (densitas - 5,88 g cm -3)
(Larut dalam alkali dan asam baik)
klorida rumus
Ea 2 Cl 6 (volatil)
Ga 2 Cl 6 (volatil)
Teknesium diisolasi oleh Carlo Perrier dan Emilio Segre pada tahun 1937, baik setelah seumur hidup Mendeleev, dari sampel molibdenumyang telah dibombardir dengan deuterium inti dalam siklotron oleh Ernest Lawrence . Mendeleev telah meramalkan massa atom 100 untuk ekamanganese pada tahun 1871 dan isotop yang paling stabil adalah 98 Tc teknesium. 
Germanium diisolasi pada tahun 1886, dan memberikan konfirmasi terbaik dari teori sampai saat itu, karena kontras yang lebih jelas dengan unsur-unsur tetangganya dari dua prediksi yang sebelumnya dikonfirmasi Mendeleev lakukan dengan mereka.
Properti
Ekasilicon
Germanium
atom massa
72
72.61
densitas (g / cm ³)
5.5
5.35
titik leleh (° C)
tinggi
947
warna
abu-abu
abu-abu
Jenis oksida
refraktori dioksida
refraktori dioksida
oksida densitas (g / cm ³)
4.7
4.7
oksida Kegiatan
dasar lemah
dasar lemah
titik didih klorida
bawah 100 ° C
86 ° C (GeCl 4)
klorida densitas (g / cm ³)
1.9
1.9
Keberadaan elemen antara torium dan uranium yang diprediksi oleh Mendeleev pada tahun 1871. Pada tahun 1900 William Crookes terisolasiprotactinium sebagai bahan radioaktif dari uranium yang tidak bisa mengidentifikasi. Isotop yang berbeda dari protactinium diidentifikasi di Jerman pada tahun 1913 dan pada tahun 1918,  tetapi protactinium namanya tidak diberikan sampai 1948.
1869 tabel Mendeleev telah implisit memprediksikan analog lebih berat dari titanium dan zirkonium , tetapi pada tahun 1871 ia ditempatkanlantanum di tempat itu. Penemuan 1923 dari hafnium divalidasi asli Mendeleev prediksi 1869.
Pada tahun 1902, setelah menerima bukti untuk elemen helium dan argon , Mendeleev ditempatkan Gas ini Noble di Grup 0 dalam pengaturan tentang elemen. [6] Sebagai Mendeleev adalah meragukan teori atom untuk menjelaskan Hukum proporsi yang pasti , dia tidak memiliki suatu apriori alasan untuk percaya hidrogen adalah unsur paling ringan, dan menyarankan bahwa seorang anggota ringan hipotetis ini Grup kimia inert 0 elemen bisa tak terdeteksi dan bertanggung jawab untuk radioaktivitas .
Lebih berat dari hipotetis proto-helium elemen Mendeleev diidentifikasi dengan coronium, dinamai oleh asosiasi dengan garis spektral dijelaskan di Sun korona . Sebuah kalibrasi rusak memberikan panjang gelombang 531,68 nm, yang akhirnya dikoreksi menjadi 530,3 nm, yang Grotrian dan Edlen diidentifikasi sebagai berasal dari Fe XIV pada tahun 1939. [7]
Yang paling ringan dari gas Grup Zero, yang pertama dalam tabel periodik, ditugaskan massa atom teoritis antara 5,3 x 10 -11 dan 9,6 x 10 -7. Kecepatan kinetik gas ini dihitung oleh Mendeleev untuk menjadi 2.500.000 meter per detik. Hampir tak bermassa, gas-gas ini diasumsikan oleh Mendeleev untuk menyerap semua materi, jarang berinteraksi kimia. Massa mobilitas tinggi dan sangat kecil dari trans-hidrogen gas akan menghasilkan situasi, bahwa mereka bisa dijernihkan, namun tampaknya sangat padat. [8] Mendeleev begitu yakin bahwa elemen-elemen atom akan ditemukan, bahwa ia termasuk mereka dalam publikasi kemudian grafik periodik, meskipun tidak ada bukti fisik untuk keberadaan mereka tersedia pada saat itu [. rujukan? ]
Mendeleev kemudian diterbitkan ekspresi teoritis dari eter, yang puas rujukan? ] banyak kontradiksi yang ada dalam fisika pada waktu itu, dalam sebuah buku kecil berjudul, Sebuah Konsepsi Kimia Eter, di tahun 1904. Publikasi 1904 lagi berisi dua elemen atom yang lebih kecil dan lebih ringan dari hidrogen. Dia diperlakukan "gas eter" sebagai suasana antar terdiri dari setidaknya dua ringan-dari-elemen hidrogen. Dia menyatakan bahwa gas ini berasal karena pemboman kekerasan internal untuk bintang, matahari menjadi sumber yang paling produktif gas tersebut. Menurut buklet Mendeleev, suasana antarbintang itu mungkin terdiri dari beberapa spesies unsur tambahan.
























Joseph John Thomson

            Joseph John Thomson (1856-1940) ialah seorang ilmuwan yang lahir di Cheetham Hill, di mana ia diangkat sebagai profesor fisika eksperimental sejak 1884. Penelitiannya membuahkan penemuan elektron. Thomson mengetahui bahwa gas mampu menghantar listrik. Ia menjadi perintis ilmu fisika nuklir. Thomson memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1906.
            Joseph John Thomson lahir di Creetham Hill, pinggiran kota Manchester pada tanggal 18 Desember 1856. Dia mendaftar di Owens College, Manchester tahun1870, dan tahun 1876 mendaftar di Trinity College, Cambridge sebagai pelajar biasa. Dia menjadi anggota Trinity College tahun 1880, ketika dia menjadi penerima Penghargaan Wrangler dan Smith (ke-2). Dia tetap menjadi anggota Trinity College seumur hidupnya. Dia menjadi penceramah tahun 1883, dan menjadi profesor tahun1918. Dia adalah professor fisika eksperimental di laboratorium Cavendish, Cambridge, dimana dia menggantikan John Strutt, 3rd Baron Rayleigh, dari tahun 1884 sampai tahun 1918 dan menjadi profesor fisika terhormat di Cambridge dan Royal Institution, London.
            Thomson baru-baru itu tertarik pada struktur atom yang direfleksikan dalam bukunya, yang berjudul Treatise on the Motion of Vortex Rings yang membuatnya memenangkan Adams Prize tahun 1884. Bukunya yang berjudul Application of Dynamics to Physics and Chemistry terbit tahun 1886, dan di tahun 1892 dia menerbitkan buku berjudul Notes on Recent Researches in Electricity and Magnetism. Pekerjaan belakangan ini membungkus hasil-hasil yang didapat berikutnya sampai pada kemunculan risalat James Clerk Maxwell yang terkenal dan sering disebut sebagai jilid ketiga Maxwell. Thomson bekerja sama dengan Professor J.H. Poynting untuk menulis buku fisika dalam empat jilid, berjudul Properties of Matter dan tahun 1895, dia menghasilkan buku Elements of the Mathematical Theory of Electricity and Magnetism, edisi kelima yang terbit di tahun 1921.
            Tahun 1896, Thomson mengunjungi Amerika Serikat untuk memberikan kursus dari empat ceramah, yang meringkaskan penelitian-penelitian barunya diUniversitas Princeton. Ceramahnya ini berikutnya diterbitkan dengan judul Discharge of Electricity through Gases (1897). Sekembalinya dari Amerika Serikat, dia memperoleh pekerjaan paling brilian dalam hidupnya, yaitu mempelajari memuncaknya sinar katode pada penemuan elektron, yang dibicarakan selama kursus pada ceramah malamnya sampai Royal Instution pada hari Jumat, 30 April 1897. Bukunya Conduction of Electricity through Gases terbit tahun 1903, diceritakan oleh Lord Rayleigh sebagai sebuah tinjauan atas "hari-hari hebatnya di Laboratorium Cavendish". Edisi berikutnya, ditulis dengan kolaborasi dengan anaknya, George, dalam dua jilid (1928 dan 1933).
            Thomson kembali ke Amerika tahun 1904, untuk menyampaikan enam ceramahnya tentang kelistrikan dan zat di Universitas Yale. Ceramah itu memuat beberapa pernyataan penting tentang struktur atom. Dia menemukan sebuah metode untuk memisahkan jenis atom-atom dan molekul-molekul yang berbeda, dengan menggunakan sinar positif, sebuah ide yang dikembangkan oleh Francis Aston, Dempster dan lainnya, yang menuju pada banyak penemuan isotop. Dan lagi, untuk itu hanya disebutkan dan dia menulis buku-buku, seperti The Structure of Light (1907), The Corpuscular Theory of Matter (1907), Rays of Positive Electricity (1913), The Electron in Chemistry (1923) dan otobiografinya, dan buku Recollections and Reflections (1936), di antara banyak terbitan lainnya. Thomson, seorang penerima perintah atas jasa, dilantik tahun 1908.
            Dia dipilih menjadi anggota Royal Society tahun 1884 dan menjadi presiden selama 1916-1920; dia memperoleh medali Royal and Hughes pada tahun 1894 dan 1902, dan memperoleh Medali Copley tahun 1914. Dia dianugerahi Medali Hodgkins (Smithsonian Institute, Washington) tahun 1902; Medali Franklin dan Medali Scott (Philadelphia), 1923; Medali Mascart (Paris), 1927; Medali Dalton (Manchester), 1931; dan Medali Faraday (Institute of Civil Engineers) pada tahun 1938. Dia adalah Presiden British Association tahun 1909 (dan dari bagian A tahun 1896 dan 1931) dan dia memegang gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Oxford, Dublin,London, Victoria, Columbia, Cambridge, Durham, Birmingham, Göttingen, Leeds, Oslo, Sorbonne, Edinburgh, Reading, Princeton, Glasgow, Johns Hopkins, Aberdeen,Kraków, dan Philadelphia.
            Pada tahun 1890, dia menikahi Rose Elisabeth, putir Sir George E. Paget, K.C.B. Mereka dianugerahi seorang putera, sekarang Sir George Paget Thomson,profesor emeritus untuk fisika di Universitas London, yang juga dianugerahi Nobel Fisika tahun 1937, dan seorang puteri. J. J. Thomson meninggal dunia pada tanggal 30 Agustus 1940.


















Ernest Rutherford lahir pada tanggal 30 Agustus 1871, di Nelson, Selandia Baru, Ayahnya James Rutherford dari Skotlandia adalah seorang tukang roda, yang bermigrasi ke Selandia Baru dengan kakek dan seluruh keluarganya pada tahun 1842. Ibunya, née Martha Thompson, adalah seorang guru sekolah di Inggris. Ernest menerima pendidikan awal di sekolah pemerintah Nelson Collegiate School pada usia 16 tahun. Pada tahun 1889 ia mendapat beasiswa Universitas dan ia pindah ke Universitas di Selandia Baru, Wellington, di mana ia masuk Canterbury College.
            Ia lulus MA pada tahun 1893 di Fakultas Matematika dan Ilmu Fisika dan kemudian dia melanjutkan dengan penelitian di Collegenya dengan waktu yang singkat, dan menerima gelar B.Sc. di tahun berikutnya. Pada tahun yang sama, 1894, ia mendapatkan beasiswa di bidang Sains pada tahun 1851 yang memungkinkan dia pergi ke Trinity College, Cambridge, sebagai mahasiswa riset di Cavendish Laboratory di bawah pimpinan JJ Thomson. Pada tahun 1897 ia dianugerahi titel B.A. dari Penelitian Gelar dan Kesiswaan Trotter Coutts-Trinity College. Kesempatan datang ketika jabatan Ketua bidang Fisika di McGill University, Montreal, menjadi kosong, dan pada 1898 ia berangkat ke Kanada untuk mengambil posisis tersebut.
 Rutherford kembali ke Inggris pada tahun 1907 menjadi Profesor Fisika di Universitas Manchester, menggantikan Sir Arthur Schuster, dan pada 1919 ia menerima undangan untuk dari Sir Joseph Thomson sebagai Profesor Fisika Cavendish di Cambridge. Dia juga menjadi Ketua Dewan Penasehat, HM Pemerintah, Departemen Penelitian Ilmiah dan Industri; Profesor Filsafat Alam, Royal Institution, London; dan Direktur Laboratorium Mond Royal Society, Cambridge.
            Pada kedatangannya di Cambridge bakatnya dengan cepat diakui oleh Profesor Thomson. Selama penelitian pertamanya di Laboratorium Cavendish, ia menemukan sebuah detektor untuk gelombang elektromagnetik, suatu fitur penting yang magnetizing kumparan yang cerdik kecil berisi kumpulan kawat besi magnet. Dia bekerja bersama-sama dengan Thomson mengamati perilaku ion-ion yangdalam gas yang telah di berikan sinar-X, dan juga, pada tahun 1897, pada mobilitas ion dalam hubungannya dengan kekuatan medan listrik, dan pada topik terkait seperti efek fotolistrik. Pada tahun 1898 ia melaporkan adanya sinar alfa dan beta pada radiasi uranium dan mengindikasikan beberapa penelitian mereka.
            Di Montreal, ada banyak kesempatan untuk riset di McGill, dan karyanya pada bidang radioaktif, terutama pada emisi sinar alfa, dilanjutkan di Laboratorium Macdonald. Dengan RB Owens ia mempelajari "emanasi" dari thorium dan menemukan gas mulia baru, sebuah isotop radioaktif, yang kemudian dikenal sebagai thoron. Frederick Soddy tiba di McGill pada 1900 dari Oxford, dan ia bekerja sama dengan Rutherford dalam menciptakan "teori disintegrasi" radioaktivitas yang menganggap fenomena radioaktif seperti atom - tidak molekuler - proses. Teori ini didukung oleh sejumlah besar bukti eksperimental, sejumlah zat radioaktif baru ditemukan dan posisi mereka dalam serangkaian transformasi telah ditetapkan. Otto Hahn, yang kemudian menemukan atom fisi, bekerja di bawah Rutherford di Montreal Laboratory di 1905.
  Di Manchester, Rutherford melanjutkan penelitian tentang sifat-sifat pancaran radium dan sinar alpha dan, bersama dengan H. Geiger, sebuah metode untuk mendeteksi satu partikel alpha dan menghitung jumlah radium yang di susun dan dipancarkan. Pada tahun 1910, penyelidikannya ke dalam hamburan sinar alfa dan sifat struktur dalam atom yang menyebabkan penyebaran tersebut menyebabkan postulation dari konsep "inti (atom)", yang berkontribusi besar dalam fisika. Niels Bohr pada tahun 1912 bergabung dengannya di Manchester dan ia mengadaptasi struktur nuklir Rutherford untuk Max Planck's quantum theory dan yang diperoleh teori struktur atom yang, dengan kemudian perbaikan, terutama sebagai akibat dari konsep Heisenberg, tetap berlaku sampai hari ini. Pada tahun 1913, bersama-sama dengan HG Moseley, ia menggunakan sinar katoda untuk membombardir atom dari berbagai unsur dan menunjukkan bahwa struktur dalam berhubungan dengan kelompok garis-garis yang mencirikan unsur-unsur. Setiap elemen kemudian dapat ditetapkan nomor atom, dan yang lebih penting, sifat setiap elemen dapat didefinisikan oleh nomor ini. Pada tahun 1919, selama tahun lalu di Manchester, ia menemukan bahwa inti elemen ringan tertentu, seperti nitrogen, dapat "hancur" oleh dampak energik partikel alpha radioaktif yang berasal dari beberapa sumber, dan bahwa selama proses ini cepat proton yang dipancarkan. Blackett kemudian terbukti, dengan kamar awan, bahwa nitrogen dalam proses ini adalah benar-benar berubah menjadi isotop oksigen, sehingga Rutherford adalah orang pertama yang sengaja merubah satu unsur ke lain. G. de Hevesy juga salah satu kolaborator Rutherford di Manchester.
Seorang pemimpin inspirasi Laboratorium Cavendish, ia menuntun banyak pemenang Hadiah Nobel di masa mendatang terhadap prestasi besar mereka: Chadwick, Blackett, Cockcroft dan Walton, sedangkan peraih Nobel lain yang bekerja dengannya di Cavendish lebih pendek atau lebih periode: GP Thomson, Appleton, Powell, dan Aston. C.D. Ellis, rekan-rekan penulis pada tahun 1919 dan 1930, menunjukkan "bahwa mayoritas eksperimen di Cavendish benar-benar dimulai oleh Rutherford saran langsung atau tidak langsung". Dia tetap aktif dan bekerja sampai akhir hidupnya.
  Rutherford menerbitkan beberapa buku: Radioaktivitas (1904); radioaktif Transformations (1906); Radiasi dari zat radioaktif, dengan James Chadwick dan CD Ellis (1919, 1930) - sebuah buku yang didokumentasikan sepenuhnya berfungsi sebagai daftar kronologis dari sekian banyak dokumen-dokumen untuk belajar masyarakat, dan sebagainya; Struktur Elektro Matter (1926); The Artificial Transmutasi Unsur (1933); The Newer Alkimia (1937).
Rutherford diberi gelar kebangsawanan pada tahun 1914, ia diangkat menjadi Order of Merit pada tahun 1925, dan pada tahun 1931 ia diciptakan Pertama Baron Rutherford of Nelson, Selandia Baru, dan Cambridge. Ia terpilih Fellow dari Royal Society pada tahun 1903 dan para Presiden 1925-1930. Di antara sekian banyak penghargaan, ia dianugerahi Medali Rumford (1905) dan medali Copley (1922) dari Royal Society, Bressa Prize (1910) dari Turin Academy of Science, Albert Medal (1928) dari Royal Society of seni, Medali Faraday (1930) dari Institution of Electrical Engineers, yang D. Sc tingkat Universitas New Zealand, dan gelar doktor kehormatan dari Universitas Pennsylvania, Wisconsin, McGill, Birmingham, Edinburgh, Melbourne, Yale, Glasgow, Giessen, Copenhagen, Cambridge, Dublin, Durham, Oxford, Liverpool, Toronto, Bristol, Cape kota, London dan Leeds.

            Rutherford menikah dengan Mary Newton, putri dari Arthur dan Maria de Renzy Newton, pada tahun 1900. Anak tunggal mereka, Eileen, menikah dengan fisikawan RH Fowler.
 Ia meninggal di Cambridge pada 19 Oktober 1937. Abunya dimakamkan di tengah gereja Westminster Abbey, di barat Sir Isaac Newton's makam dan oleh Lord Kelvin.


                                                                                                              







Antoine Lavoisier (1743-1794)
Hidupnya Berakhir Tragis di Tiang Gantungan

 It took them only an instant to cut off that head, and a hundred years may not produce another like it
Hanya perlu sekejap untuk memenggal kepala Lavoisier, namun seratus tahun pun mungkin tidak bisa melahirkannya kembali. Kata-kata ini diucapkan oleh ahli matematika Perancis, Joseph Louis Lagrange, beberapa saat setelah kepala Antoine Lavoisier dipenggal pada 8 Mei 1794. Siapakah Antoine Lavoisier itu sehingga Lagrange berucap seperti itu?
Antoine Laurent Lavoisier, demikian nama lengkap ilmuwan kimia Perancis yang lahir pada tahun 1743 di Paris. Selain menguasai ilmu kimia, Lavoisier juga menguasai berbagai ilmu lainnya, seperti hukum, ekonomi, pertanian, dan geologi. Sebelum menekuni ilmu kimia, Lavoisier mengikuti jejak ayahnya mempelajari ilmu hukum. Meskipun mempelajari ilmu hukum, Lavoisier menunjukkan ketertarikannya dalam ilmu sains. Pada tahun 1768, Lavoisier terpilih menjadi anggota Academie Royale des Sciences (Akademi Sains Kerajaan Perancis), suatu komunitas ilmuwan sains. Pada tahun yang sama, ia membeli Ferme Generate, perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa pengumpulan pajak untuk kerajaan. 
Lavoisier diangkat menjadi Komisaris Polisi Kerajaan ketika berusia 32 tahun. Lavoisier diberi tangggung jawab mengelola laboratorium serbuk mesiu. Ia mengembangkan laboratoriumnya dengan merekrut kimiawan-kimiawan muda dari berbagai penjuru Eropa. Lavoisier dan anak buahnya bekerja keras memperbaiki metode pembuatan serbuk mesiu. Ia dan timnya berhasil meningkatkan kualitas dan kemurnian bahan baku pembuatan mesiu, yaitu sendawa, belerang, dan batu bara. Hasilnya tidak mengecewakan, serbuk mesiu yang dihasilkan laboratoriumnya menjadi lebih banyak dan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Itulah awal perkenalan Lavoisier dengan penelitian kimia. Sejak itu, Lavoisier semakin giat melakukan penelitian di bidang kimia. 
Usaha keras Lavoisier didukung penuh oleh istrinya, yaitu Marie-Anne Pierrette Paulze. Marie membantu suaminya menerjemahkan tulisan kimiawan Inggris, Joseph Priestley. Selain itu, Marie-Anne Pierrette mempunyai keterampilan menggambar. Keterampilannya ini digunakan untuk menggambar hasil-hasil penelitian Lavoisier.
Sumbangan terbesar Lavoisier terhadap pengembangan ilmu kimia sehingga dijuluki bapak kimia Modern adalah keberhasilannya menggabungkan semua penemuan di bidang kimia yang terpisah dan berdiri sendiri menjadi suatu kesatuan.
Lavoisier membuat kerangka dasar kimia berdasarkan hasil penelitian kimiawan sebelumnya, seperti Joseph Black, Henry Cavendish, Joseph Priestley, dan George Ernst Stahl.
Pada saat itu, para ilmuwan mempercayai bahwa reaksi pembakaran menghasilkan gas flogiston sehingga massa zat setelah pembakaran lebih sedikit daripada sebelumnya. Hal ini didasarkan pada percobaan yang dilakukan Priestley. Priestley memanaskan oksida raksa (red calx mercury). Reaksi pemanasan padatan oksida raksa menghasilkan air raksa dan gas tak berwarna di atasnya. Setelah ditimbang, massa air raksa lebih sedikit daripada massa oksida raksa. Priestley menyebut gas tak berwarna itu dengan istilah flogiston. Namun tidak demikian dengan Lavoisier, ia meragukan adanya gasflogiston. Menurut dugaannya, yang dimaksud flogistonadalah gas oksigen. Kemudian, Lavoisier mengulang percobaan Priestley untuk membuktikan dugaannya. Ia menimbang massa zat sebelum dan setelah reaksi pemanasan oksida raksa secara teliti menggunakan timbangan yang peka. Ternyata, terjadi pengurangan massa oksida raksa. Lavoisier menjelaskan alasan berkurangnya massa oksida raksa setelah pemanasan. Ketika dipanaskan, oksida raksa menghasilkan gas oksigen sehingga massanya akan berkurang. Lavoisier juga membuktikan kebalikannya. Jika sebuah logam dipanaskan di udara, massanya akan bertambah sesuai dengan jumlah oksigen yang diambil dari udara. Kesimpulan Lavoisier ini dikenal dengan nama Hukum Kekekalan Massa. Jumlah massa zat sebelum dan sesudah reaksi tidak berubah, begitu bunyi hukum tersebut. Dengan penemuan ini, teori flogiston yang dipercayai para ilmuwan kimia selama kurang lebih 100 tahun akhirnya tumbang. Lavoisier juga menyatakan proses berkeringat merupakan hasil pembakaran lambat di dalam tubuh. 
Lavoisier menuliskan ide-idenya dalam sebuah buku yang berjudul Traite Elementaire de Chimie(Pokok-pokok Dasar Ilmu kimia). Buku yang dipublikasikan pada tahun 1789 itu juga memuat pendapat Lavoisier mengenai definisi unsur kimia. Lavoisier berpendapat bahwa unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Berdasarkan hal tersebut, Lavoisier membuat daftar 33 zat yang termasuk unsur.
Pada tahun 1789, kondisi ekonomi Perancis terguncang. Harga-harga tidak stabil. Masyarakat pun resah. Pada saat itu Lavoisier tengah asyik melakukan penelitian. Lavoisier terpaksa mengurangi kegiatan penelitiannya karena waktunya lebih banyak tercurah untuk memperbaiki kondisi ekonomi negaranya. Mereformasi pajak garam, mencegah penyelundupan dengan cara membangun benteng di sekeliling Paris, dan memperbaiki metode pertanian merupakan beberapa usahanya untuk memperbaiki ekonomi. 
Walaupun memberikan banyak kontribusi terhadap sains maupun ekonomi, hidup Lavoisier terpaksa berakhir secara tragis. Ketika terjadi revolusi Perancis, seluruh pejabat dan bangsawan kerajaan ditangkap, termasuk Lavoisier. Ia dikenakan dakwaan turut aktif mengambil pajak rakyat untuk kerajaan melalui perusahaan pajaknya (Ferme Generate), menurunkan kualitas udara kota karena membangun benteng di sekeliling Paris, mencampurkan tembakau dengan air, dan memindahkan serbuk mesiu dari gudang senjata. Akhirnya Lavoisier dijatuhi hukuman mati. Sesaat sebelum eksekusi dilaksanakan, Lavoisier meminta penundaan waktu hukuman. “Saya ilmuwan bukan bangsawan”, ujar Lavoisier. Tapi hakim dengan tegas menjawab, “Republik tidak memerlukan ilmuwan!”. Nyawa Lavoisier melayang. Dunia berduka. Salah satu permata ilmu hilang secara sia-sia. Benar apa yang dikatakan Joseph Louis Lagrange, “Hanya perlu sekejap untuk memenggal kepala Lavoisier, namun seratus tahun pun mungkin tidak bisa melahirkannya kembali.” Sayang, nasi telah menjadi bubur.












Charles Martin Hall
           
           
Charles Martin Hall (6 Desember 1863 - 27 Desember 1914) adalah seorang Amerika penemu, penggemar musik, dan insinyur. Ia terkenal untuk penemuan pada tahun 1886 dari metode murah untuk memproduksi aluminium , yang menjadi logam pertama untuk mencapai penggunaan luas sejak penemuan prasejarah besi .
Charles Martin Hall lahir putra Herman Bassett Hall dan Sophronia H. Brooks pada tanggal 6 Desember 1863 di Thompson, Ohio . Ia memiliki satu kakak dan tiga saudara, satu di antaranya meninggal saat masih bayi. Salah satu saudara perempuannya adalah Julia Brainerd Aula (1859-1925), yang membantunya dalam percobaan menurut Trescott 1977. Keluarganya pindah ke Oberlin, Ohio pada tahun 1873, dan ia lulus dari Sekolah Tinggi Oberlin . Pada tahun 1880 ia terdaftar di Oberlin College , di mana ia menerima gelar Bachelor of Arts pada 1885. Hall didorong dalam percobaan ilmiah, yang berlangsung di sebuah gudang kayu di belakang rumah keluarganya, dengan ide-ide dan bahan-bahan dari Profesor Frank Jewett Fanning (1844-1926).Rumah Jewett dipertahankan di Oberlin sebagai Oberlin Heritage Center . Pusat ini memiliki sebuah pameran yang disebut Aluminium: Connection Oberlin, yang mencakup penciptaan kembali pada 1886 percobaan ditegur  Hall. ParaGedung Aula juga diawetkan di Oberlin, meskipun gudang kayu dihancurkan lama.
Dia harus mengarang sebagian besar aparatur dan mempersiapkan bahan kimia, dan dibantu oleh kakaknya Julia nya Brainerd Hall (lihat Craig 1986, CIM Buletin). Penemuan dasar melibatkan melewati arus listrik melalui mandi alumina yang terlarut dalam cryolite , yang menghasilkan aluminium membentuk genangan di dasar retort. Pada tanggal 9 Juli 1886, Aula mengajukan paten pertamanya. Proses ini juga ditemukan di hampir saat yang sama oleh Prancis Paul Heroult , dan telah datang untuk dikenal sebagai proses Hall-Heroult . ( 1982 Asimov , hal 933)
Setelah gagal untuk menemukan dukungan keuangan di rumah, Hall pergi ke Pittsburgh di mana dia melakukan kontak dengan metalurgi mencatat Alfred E. berburu . Mereka membentuk Perusahaan Pengurangan Pittsburgh yang membuka pabrik aluminium pertama produksi skala besar. Perusahaan Pengurangan kemudian menjadi Perusahaan Aluminium Amerika, kemudian Alcoa . Hall pemegang saham utama, dan menjadi kaya.
Proses Hall-Heroult akhirnya menghasilkan mengurangi harga dari aluminium dengan faktor 200, sehingga terjangkau untuk keperluan praktis. Pada 1900, produksi tahunan mencapai sekitar 8 ribu ton. Hari ini, aluminium lebih banyak diproduksi daripada semua logam non-ferrous lainnya digabungkan.
Hall dianggap pencetus ejaan Amerika aluminium. Menurut Oberlin College, dia salah eja pada sebuah surat edaran mempublikasikan proses aluminium perbaikan nya. Proses ini sangat revolusioner, dan membawa logam untuk keunggulan seperti itu, bahwa Amerika telah dieja aluminium dengan satu "i" sejak. Di Inggris dan negara-negara lain menggunakan ejaan Inggris , hanya aluminium digunakan. Ejaan dalam hampir semua bahasa lainnya adalah analog dengan ium-berakhir.
Aula melanjutkan penelitian dan pengembangan untuk sisa hidupnya dan diberikan 22 paten AS, yang paling di produksi aluminium. Ia menjabat di Oberlin College Dewan Pengawas. Dia adalah wakil presiden Alcoa sampai kematiannya pada tahun 1914 di Daytona, Florida .Dia meninggal belum menikah dan punya anak dan dimakamkan di Westwood Cemetery di Oberlin. Aula meninggalkan sebagian besar kekayaannya untuk amal. Kemurahan hatinya memberikan kontribusi terhadap pembentukan Harvard-Yenching Institute , sebuah yayasan terkemuka yang didedikasikan untuk memajukan pendidikan tinggi di Asia dalam ilmu humaniora dan social.
Balai akhirnya menjadi salah satu dermawan Oberlin College yang paling menonjol. Siswa menyukai patung Hall terbuat dari aluminium.Karena bobotnya yang ringan, patung Hall pernah dikenal karena perubahan sering nya lokasi, sering karena pranks siswa. Hari patung adalah terpaku pada blok granit yang besar dan duduk lebih permanen di lantai dua pusat ilmu baru Oberlin, di mana siswa terus menghiasi Hall dengan riasan yang tepat pada hari libur dan kesempatan lain.
Hall memenangkan Medali Perkin , penghargaan tertinggi dalam kimia industri Amerika pada tahun 1911. Pada tahun 1997 produksi logam aluminium dengan elektrokimia ditemukan oleh Hall ditunjuk merupakan Landmark ACS Kimia Sejarah Nasional .



Francis Harry Compton Crick


Francis Harry Compton Crick (lahir di Northampton, Inggris, 8 Juni 1916 – meninggal di San Diego, California, Amerika Serikat, 28 Juli 2004 Francis Crick, penerima Nobel kedokteran di tahun 1962 bersama dengan
James Watson dan Maurice Wilkins atas keberhasilan mereka menemukan stuktur spiral ganda DNA, penemuan terbesar di abad ke-20.
Rasa ingin tahunya terhadap garis batas yang “hidup” dan yang “tidak hidup”inilah yang membawanya terlibat dalam riset yang bertujuan untuk memecahkan rahasia pewarisan informasi genetika.
Ayahnya adalah seorang pengusaha dan ibunya adalah seorang guru.
Keduanya, kewalahan dihujani oleh pertanyaan-pertanyaan si kecil
Francis, membelikannya ensiklopedia anak-anak. Sebuah artikel yang
menjelaskan bagaimana benda-benda terbentuk dari atom menyuntikkan
semangat untuk menjadi seorang ilmuwan kelak di dalam darah bocah
ingusan ini.
Northampton Grammar School adalah sekolah dasar di mana ia belajar
sebelum memasuki Mill Hill School di London Utara dan kemudian
mendapat gelar sarjana di bidang fisika dari University College London
pada tahun 1937.
Crick meneruskan penelitian pasca sarjananya di universitas yang sama sampai perang dunia ke-2 pecah dan risetnya terpaksa dihentikan. Setelah perang berakhir, ia  bahwa minatnya terhadap fisika, bidang yang selama ini digelutinya menurun dan di lain pihak, ia mulai tertarik pada biologi setelah membaca buku karya Erwin Schrodinger yang berjudul “What Is Life? The Physical Aspect of the Living Cell”.
Inilah buku yang meyakinkannya bahwa masalah-masalah terdasar di biologi dapat dipecahkan dengan bantuan ilmu fisika dan kimia. Dan sejak saat itu Crick pun mulai mendidik dirinya sendiri dengan membaca buku-buku biologi.
Sir Lawrence Bragg, pencetus hukum Bragg yang terkenal itu, kemudian menjadi atasannya di laboratorium Cavendish di Cambridge. Di laboratorium ini para ilmuwan berusaha untuk mengungkapkan struktur protein-protein dengan metode kristalografi sinar X.
Crick sedang berusaha menyelesaikan thesis PhD-nya ketika James Watson
bergabung dengannya di Cavendish. Berbeda dengan Crick, Watson mempunyai latar belakang yang kuat di bidang genetika. Mereka berdua menjadi akrab melalui diskusi-diskusi ilmiah. Terutama mengenai dugaan mereka bahwa DNA-lah satu-satunya pembawa pesan dari generasi ke generasi, dan bukannya protein dan DNA seperti yang dipercaya pada  itu.
Rosalind Franklin adalah salah seorang kontributor dari kesuksesan Watson dan Crick. Foto yang diambilnya dengan metode difraksi sinar X-lah yang membukakan mata mereka akan bentuk spiral DNA. Dan ia jugalah yang mengkritik model DNA Crick-Watson yang pada mulanya meletakkan gugus-gugus basa yang hidrofobik di bagian luar. Watson dan Crick kemudian memperbaiki model struktur DNA mereka dengan meletakkan bagian yg hidrofobik di dalam, dan hidrofilik di luar. Suatu fakta mendasar yang biasa untuk seorang kimiawan seperti Rosalind tapi tidak ada di benak Crick dan Watson.
Insting yang tajam, kritik yang membangun dari beberapa kolega, dan
pengetahuan yang luas adalah hal-hal yang menghantarkan hadiah Nobel
ke pangkuan Crick, Watson dan Wilkins pada tahun 1962. Walaupun hanya
nama tiga orang ini yang melekat di benak kita sebagai penemu struktur
DNA, namun sebenarnya penemuan itu, sama seperti penemuan-penemuan spektakuler lainnya, adalah hasil jerih payah berpuluh-puluh ilmuwan
tak ternama di belakangnya. Karena tidak mungkin penemuan ini berhasil
tanpa berperannya begitu banyak cabang ilmu pengetahuan dalam satu proyek terfokus.
Crick, salah satu pionir cabang biologi molekuler ini, tutup usia pada
tanggal 28 Juli 2004, hanya setahun setelah perayaan setengah abad
penemuannya yang mengubah dunia itu. Setelah penemuannya yang
fenomenal itu, ia terus mengabdikan hidupnya untuk penelitian. Ia
berhasil memecahkan kode translasi DNA ke protein dan ia juga terus
mengejar rasa keingintahuannya akan batas “yang hidup” dan “yang tidak
hidup” dalam penelitian tentang otak, khususnya mengenai “kesadaran”.
Kimiawan, fisikawan, maupun pakar biologi bukanlah sebutan yang tepat
untuknya. Keberhasilannya menemukan karya seni alam yang selama ini
tersembunyi, yaitu struktur spiral ganda DNA yang meliuk dengan
keharmonisan geometris yang sempurna, adalah berkat keluwesannya
menggabungkan ritme yang berbeda dari berbagai cabang ilmu.







Diringkas dari berbagai sumber blog nd website
I'm sorry I cann't Write all of them, Thx...






1 comment: